Beaking News$type=ticker$meta=0$meta=0$readmore=0$snippet=0$columns=4

Pengertian Sejarah Pendidikan Islam Beserta Ruang Lingkupnya

Pengertian Sejarah Kata  sejarah   secara etimologi  dapat diungkapkan dalam bahasa Arab yaitu  Tarikh ,  sirah  atau  ilmu tarikh , ya...

Pengertian Sejarah
Kata sejarah secara etimologi dapat diungkapkan dalam bahasa Arab yaitu Tarikhsirah atau ilmu tarikh, yang berarti ketentuan masa atau waktu, sedangkan ilmu tarikh yaitui ilmu yang membahas suatu peristiwa dan sebab-sebab terjadinya peristiwa tersebut. Dalam bahasa inggris sejarah disebut dengan history yang berarti uraian secara berurutan tentang kejadian-kejadian masa lampau (orderly descriphon of past even).
Adapun secara terminologi sejarah adalah sejumlah keadaan dan peristiwa penting yang terjadi di masa lampau dan benar-benar terjadi pada individu dan masyarakat sesuai pada kenyataan-kenyataan alam dan manusia yang telah terjadi. Sedangkan pengertian sejarah menurut KBBI adalah silsilah, kejadian, asal-usul dan peristiwa penting yang benar-benar terjadi di masa silam. Jadi, sejarah merupakan catatan yang berkaitan dengan sebuah peristiwa yang telah terjadi dan diabadikan dalam bentuk tersirat maupun tersurat dalam ruang lingkup yang luas.
(foto: arRahmah.com)
Pengertian Pendidikan Islam

Pendidikan Islam yaitu suatu proses bimbingan seorang pendidik terhadap perkembangan jasmani, rohani, dan akal peserta didik ke arah terbentuknya pribadi muslim yang baik. Karena pendidikan islam merupakan alat yang dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh ketentraman hidup di dunia dan kebahagiaan hidup di akhirat. Dalam hal ini, pendidik berperan sebagai pemegang alat kunci yang banyak menentukan keberhasilan suatu proses pendidikan, sebagaimana telah berkembang di berbagai daerah dari sistem yang sangat sederhana sampai pada sistem pendidikan islam yang modern.
Dalam perkembangannya, pendidikan islam dalam sejarah menunjukan perkembangan yang bersifat operasional dan teknis terutama metode, alat-alat dan bentuk kelembagaan. Hal yang menjadi dasar tujuan pendidikan islam yaitu tetap mempertahankan ajaran islam sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Pendidikan Islam menurut Zakiah Drajat merupakan pendidikan yang lebih mengarah kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, sikap, baik bagi keperluan individu maupun orang lain yang bersifat teoritis dan praktis.
Dari berbagai pengertian pendidikan islam dapat disimpulkan bahwa pendidikan islam ialahsuatu proses bimbingan dari pendidik yang mengarahkan anak didiknya terhadap perbaikan sikap mental yang akan diwujudkan dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi muslim yang lebih baik.

Pengertian Sejarah Pendidikan Islam

Pengertian sejarah pendidikan islam (Tarihut Tarbiyah islamiyah) dalam buku Zuhairini yaitu:
  • Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu, sejak zaman lahirnya islam sampai dengan saat ini.
  • Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam, baik dari segi ide, konsepsi maupun dari segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad saw hingga saat ini.
Dra. Hasbullah merumuskan bahwa sejarah pendidikan islam yaitu:
  • Catatan sebuah peristiwa tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam sejak lahirnya Nabi hingga saat ini.
  • Suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam baik dari segi gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga maupun opersinalisasi sejak zaman nabi Muhammad hingga saat ini.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kedua penjelasan tersebut memiliki maksud sama yaitu suatu peristiwa atau cabang ilmu pengetahuan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dari waktu ke waktu dari segi ide, konsep, lembaga operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad saw sampai sekarang.

Ruang Lingkup Sejarah Pendidikan Islam


Adapun ruang lingkup sejarah pendidikan islam itu berawal dari sejarah pendidikan islam yang bermula sejak zaman Nabi Muhamad SAW sampai saat ini yang telah berkembang diberbagai negara di dunia khususnya di Indonesia. Seperti contoh sejarah pendidikan islam yang dibawa oleh para wali songo ke Indonesia, tokoh-tokoh dan perjalanan serta perjuangan dari KH.Hasyim Asy’ary, KH.Ahmad Dahlan, Buya Hamka, Mahmud Yunus dalam upaya pembangunan pendidikan islam dan berbagai kendala yang dihadapi dalam menyebarkan pendidikan islam serta keterlibatannya dengan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan islam.

Referensi


Oleh: Bobsosanto, 

Sumber : www.seputarpengetahuan.com

COMMENTS

Name

Aapertemen,1,AC,2,Alergi rhinitis,1,Apartemen,1,Apartemen Green Pramuka City,1,Aplikasi,1,Asuransi,3,Baju Muslimah,1,Bali,2,Bandung,2,Bank,1,Bank Syariah,1,Bayi,1,Belanja Online,3,Berita,3,Bisnis,40,Bisnis Online,1,BPJS Ketenagakerjaan,1,Bunda,1,Busana Muslimah,2,Cara Memandikan Bayi,1,Crypto,1,Dana Cepat,1,Danau,1,Deposito,1,Deposito Online,1,Desain Logo,1,Destinasi Wisata,3,Digital Marketing,1,Drone,1,Duit,1,Ekonomi,30,Ekspedisi,1,Elekronik,1,Elektronik,4,Event,1,Event Analytics,1,Family,8,Fashion,13,Fashion Anak Anak,1,Fashion Pria,1,Fashion Wanita,3,Featured,98,Food,9,Furniture,3,Gadget,3,Gadjet,1,Gallery,2,Gejala Alergi,1,generator Listrik,2,Gengset,1,Genset,1,Green Economy,1,Harbolnas,1,Hijaber,3,Hotel,1,HSBC,1,Imsak,1,Investasi,3,iPhone,1,Jasa,1,Jasa Disinfektan,1,Jilbaber,2,Jual Lifting Equipment,1,Kabar Menarik,14,Kartu Kredit,3,Kebersihan Untuk bayi,1,Kebugaran,1,Kecantikan,11,Kehamilan,1,Kesehatan,31,Kesehatan Anak,2,Kolesterol,1,Komunal,1,Kredit,5,KTA,1,Kue,1,Kuliner,6,li,1,Lifestyle,30,Makeup Wajah,1,Manfaat Puasa,1,Mannfaat Madu,1,Mesin Cuci,1,Mobil,2,Motivasi,1,Motor,2,Muslim,1,Obat,2,Objek Wisata,2,Online,1,Online Shop,6,Otomotif,7,Outo,1,Panel Surya,1,Pariwisata,2,Payment,1,Payment Gateway,1,PDAM,1,Pembangkit Listrik,1,Pembayaran,1,Pembayaran Online,1,Pendidikan,2,Perawatan Bayi,1,Perawatan Gigi,1,Perawatan Rambut,1,Perbaikan Rumah,1,Perbankan,9,Perlengkapan Bayi,1,Perumahan,1,Perumahan Cibubur,1,Peta Situs,1,Pinjaman Online,1,Polyflex,1,Polytron,1,Promo,1,Properti,23,Ramadan,1,Religi,2,Rental forklift Surabaya,1,Resep,2,Resep Makanan,2,Resep Masakan,1,Rumah,4,Sablon,1,Sabun Bayi,2,Sejarah,3,Selebriti,1,SEO,1,Skincare,1,Smartphone,7,Software,1,Sosial,2,Sports,2,Suzuki,1,Tabungan,1,Teknologi,13,Tiket Kareta,1,Tiket Pesawat,3,Tips,59,Toko Online,1,Travel,1,Traveling,11,Wahana Bermain,1,Waterboom,1,Wisata,13,Wisata Bahari,1,Wisata Bali,1,Yamaha,1,
ltr
item
Daichikazumi.com: Pengertian Sejarah Pendidikan Islam Beserta Ruang Lingkupnya
Pengertian Sejarah Pendidikan Islam Beserta Ruang Lingkupnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjORXMNE0ORxJuCl7ZVEJ7bJCWkvhHn4XOmM01NMsr8h3aamYfV6IpzTPod0xgKvY43FgXErT5HsdPc0ihHWp7-kXmAYcxsAm8jojEYH8NCs0wMI5BvWKCpXwZ8cavJOPvqDC3BgK49SYa_/s640/lelaki-beriman.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjORXMNE0ORxJuCl7ZVEJ7bJCWkvhHn4XOmM01NMsr8h3aamYfV6IpzTPod0xgKvY43FgXErT5HsdPc0ihHWp7-kXmAYcxsAm8jojEYH8NCs0wMI5BvWKCpXwZ8cavJOPvqDC3BgK49SYa_/s72-c/lelaki-beriman.jpg
Daichikazumi.com
https://www.daichikazumi.com/2016/08/pengertian-sejarah-pendidikan-islam_16.html
https://www.daichikazumi.com/
http://www.daichikazumi.com/
http://www.daichikazumi.com/2016/08/pengertian-sejarah-pendidikan-islam_16.html
true
6959559938228820402
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy