Pengertian Sejarah Pendidikan Islam Beserta Ruang Lingkupnya

Pengertian Sejarah

Kata sejarah secara etimologi dapat diungkapkan dalam bahasa Arab yaitu Tarikhsirah atau ilmu tarikh, yang berarti ketentuan masa atau waktu, sedangkan ilmu tarikh yaitui ilmu yang membahas suatu peristiwa dan sebab-sebab terjadinya peristiwa tersebut. Dalam bahasa inggris sejarah disebut dengan history yang berarti uraian secara berurutan tentang kejadian-kejadian masa lampau (orderly descriphon of past even).
Adapun secara terminologi sejarah adalah sejumlah keadaan dan peristiwa penting yang terjadi di masa lampau dan benar-benar terjadi pada individu dan masyarakat sesuai pada kenyataan-kenyataan alam dan manusia yang telah terjadi. Sedangkan pengertian sejarah menurut KBBI adalah silsilah, kejadian, asal-usul dan peristiwa penting yang benar-benar terjadi di masa silam. Jadi, sejarah merupakan catatan yang berkaitan dengan sebuah peristiwa yang telah terjadi dan diabadikan dalam bentuk tersirat maupun tersurat dalam ruang lingkup yang luas.
(foto: arRahmah.com)
Pengertian Pendidikan Islam

Pendidikan Islam yaitu suatu proses bimbingan seorang pendidik terhadap perkembangan jasmani, rohani, dan akal peserta didik ke arah terbentuknya pribadi muslim yang baik. Karena pendidikan islam merupakan alat yang dapat difungsikan untuk mengarahkan pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia kepada titik optimal kemampuannya untuk memperoleh ketentraman hidup di dunia dan kebahagiaan hidup di akhirat. Dalam hal ini, pendidik berperan sebagai pemegang alat kunci yang banyak menentukan keberhasilan suatu proses pendidikan, sebagaimana telah berkembang di berbagai daerah dari sistem yang sangat sederhana sampai pada sistem pendidikan islam yang modern.
Dalam perkembangannya, pendidikan islam dalam sejarah menunjukan perkembangan yang bersifat operasional dan teknis terutama metode, alat-alat dan bentuk kelembagaan. Hal yang menjadi dasar tujuan pendidikan islam yaitu tetap mempertahankan ajaran islam sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Pendidikan Islam menurut Zakiah Drajat merupakan pendidikan yang lebih mengarah kepada perbaikan sikap mental yang akan terwujud dalam amal perbuatan, sikap, baik bagi keperluan individu maupun orang lain yang bersifat teoritis dan praktis.
Dari berbagai pengertian pendidikan islam dapat disimpulkan bahwa pendidikan islam ialahsuatu proses bimbingan dari pendidik yang mengarahkan anak didiknya terhadap perbaikan sikap mental yang akan diwujudkan dalam amal perbuatan dan terbentuknya pribadi muslim yang lebih baik.

Baca Juga:

Pengertian Sejarah Pendidikan Islam


Pengertian sejarah pendidikan islam (Tarihut Tarbiyah islamiyah) dalam buku Zuhairini yaitu:
  • Keterangan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan Islam dari waktu ke waktu, sejak zaman lahirnya islam sampai dengan saat ini.
  • Salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam, baik dari segi ide, konsepsi maupun dari segi institusi dan operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad saw hingga saat ini.
Dra. Hasbullah merumuskan bahwa sejarah pendidikan islam yaitu:
  • Catatan sebuah peristiwa tentang pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam sejak lahirnya Nabi hingga saat ini.
  • Suatu cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam baik dari segi gagasan atau ide-ide, konsep, lembaga maupun opersinalisasi sejak zaman nabi Muhammad hingga saat ini.
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa kedua penjelasan tersebut memiliki maksud sama yaitu suatu peristiwa atau cabang ilmu pengetahuan mengenai pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam dari waktu ke waktu dari segi ide, konsep, lembaga operasionalisasi sejak zaman nabi Muhammad saw sampai sekarang.

Ruang Lingkup Sejarah Pendidikan Islam


Adapun ruang lingkup sejarah pendidikan islam itu berawal dari sejarah pendidikan islam yang bermula sejak zaman Nabi Muhamad SAW sampai saat ini yang telah berkembang diberbagai negara di dunia khususnya di Indonesia. Seperti contoh sejarah pendidikan islam yang dibawa oleh para wali songo ke Indonesia, tokoh-tokoh dan perjalanan serta perjuangan dari KH.Hasyim Asy’ary, KH.Ahmad Dahlan, Buya Hamka, Mahmud Yunus dalam upaya pembangunan pendidikan islam dan berbagai kendala yang dihadapi dalam menyebarkan pendidikan islam serta keterlibatannya dengan pemerintah dalam mengembangkan pendidikan islam.

Referensi


Oleh: Bobsosanto, 
Sumber : www.seputarpengetahuan.com
Share on Google Plus

About eM eN

0 comments:

Post a Comment