Beaking News$type=ticker$meta=0$meta=0$readmore=0$snippet=0$columns=4

Pengertian Klasifikasi dan Berbagai Contohnya

  Apa itu klasifikasi ? Menurut informasi yang didapat, menyebutkan bahwa Klasifikasi merupakan proses pengelompokkan untuk mengumpulkan ben...

 

Apa itu klasifikasi? Menurut informasi yang didapat, menyebutkan bahwa Klasifikasi merupakan proses pengelompokkan untuk mengumpulkan benda atau entitas yang sama dan memisahkan benda atau entitas yang tidak sama.

Lantas, apa tujuan dari klasifikasi?

  • Tujuan Klasifikasi untuk mendapatkan urutan yang bermanfaat, sehingga ketika ingin mencari informasi seputar sesuatu, maka seseorang tidak membutuhkan waktu yang lama dalam mencarinya. Hal ini dikarenakan sudah tersedia kategori tersendiri untuk mendapatkan informasi yang berkaitan.
  • Tujuan Klasifikasi dilakukan agar bisa mendeskripsikan setiap benda maupun makhluk hidup, serta bisa menjelaskan ciri-ciri pada masing-masing entitas tersebut sehingga dapat dengan mudah dikenali.
  • Tujuan Klasifikasi dilakukan agar bisa disimpan atau dirapikan pada tempat yang aman serta dijadikan sebagai arsip.
  • Tujuan Klasifikasi dilakukan agar bisa disusun dalam bentuk bibliografi, indeks, serta katalog dalam tata susunan yang begitu sistematis sehingga mudah untuk dicari. 
  • Tujuan Klasifikasi dilakukan agar bisa digunakan sebagai bahan untuk penelitian bagi para peneliti di masa yang akan datang. 

Berbagai Contoh Klasifikasi

1. Klasifikasi Medis 
Dalam Klasifikasi Medis biasanya digunakan untuk merubah sebuah deskripsi diagnosa atau prosedur dalam kode statistic standar, sehingga pada prosesnya dikenal dengan istilah pengkodean klinis. Adapun mengenai kalsifikasi diagnosis yang akan menyertakan kode diagnosis, dan nantinya akan digunakan untuk melacak jenis penyakit serta kondisi kesehatan lainnya pada si pasien. 

Hal tersebut termasuk penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, hingga jenis penyakit menular (seperti norovirus, kutu air, dan flu). Terdapat banyak Klasifikasi Medis yang berbeda. Namun, umumnya mereka akan terbagi kedalam dua kelompok utama, yakni klasifikasi statistic dan nomenklatur. 

2. Klasifikasi Kimia
Sistem Klasifikasi Kimia digunakan dengan tujuan untuk meng-klasifikasikan senyawa (unsur) yang berdasarkan sifat fungsional maupun struktural kimia tertentu. Bahan kimia diklasifikasikan agar orang yang menggunakannya (entah dalam industry atau sebagai konsumen), bisa memahami seputar efek samping dan bahaya yang dapat ditimbulkan terhadap kesehatan manusia atau lingkungan sekitar. 

Dengan kata lain, Klasifikasi Kimia dilakukan atas dasar untuk manajemen bahan kimia yang aman. Tak hanya itu, Klasifikasi Kimia juga akan membagi zat kimia serta campurannya ke dalam kategori yang berbeda berdasarkan sifat fisik dan bahaya kesehatan-lingkungan. 

3. Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi biologis atau Klasifikasi Makhluk Hidup merupakan sebuah metode pengelompokkan organisme, entah yang masih hidup maupun yang sudah punah. Pengelompokkan tersebut akan dilakukan guna mempermudah dalam mengenalinya, membandingkan, mempelajari, serta mengetahui hubungan kekerabatan antara satu makluk hidup dengan yang lainnya. 

Disamping itu, Klasifikasi Makhluk Hidup merupakan proses pengelompokkan beragam macam organisme hidup berdasarkan ciri-ciri umum yang dimilikinya. Sehingga organisme yang mempunyai ciri-ciri umum tertentu akan diletakkan dalam satu kelompok. 

Sampai saat ini, Klasifikasi biologis masih menempatkan makhluk hidup dalam sebuah unit tertentu yang disebut dengan istilah “Takson”. Organisme dikelompokkan menjadi taksa (tunggal takson), yang mana kelompok tersebut akan diberi peringkat “Taksonomi”. 

Adapun mengenai peringkat utama pada penggunaan modern yang diantaranya seperti di bawah ini:
  • domain
  • kingdom
  • filum (divisi yang terkadang digunakan dalam botani sebagai pengganti filum)
  • kelas
  • ordo
  • family
  • genus
  • spesies.
Bukan hanya itu, dalam proses Klasifikasi Makhluk Hidup juga harus melalui beberapa tahapan atau rangkaian tertentu. Pasalnya, tahapan tersebut menjadi penentu dalam menciptakan hasil yang lebih akurat. Tahapan-tahapan yang dimaksud diantaranya adalah identifikasi, pengelompokkan, dan pemberian nama makhluk hidup. 

COMMENTS

Name

Aapertemen,1,AC,2,Alergi rhinitis,1,Apartemen,1,Apartemen Green Pramuka City,1,Aplikasi,1,Asuransi,3,Baju Muslimah,1,Bali,2,Bandung,2,Bank,1,Bank Syariah,1,Bayi,1,Belanja Online,3,Berita,3,Bisnis,40,Bisnis Online,1,BPJS Ketenagakerjaan,1,Bunda,1,Busana Muslimah,2,Cara Memandikan Bayi,1,Crypto,1,Dana Cepat,1,Danau,1,Deposito,1,Deposito Online,1,Desain Logo,1,Destinasi Wisata,3,Digital Marketing,1,Drone,1,Duit,1,Ekonomi,30,Ekspedisi,1,Elekronik,1,Elektronik,4,Event,1,Event Analytics,1,Family,8,Fashion,13,Fashion Anak Anak,1,Fashion Pria,1,Fashion Wanita,3,Featured,98,Food,9,Furniture,3,Gadget,3,Gadjet,1,Gallery,2,Gejala Alergi,1,generator Listrik,2,Gengset,1,Genset,1,Green Economy,1,Harbolnas,1,Hijaber,3,Hotel,1,HSBC,1,Imsak,1,Investasi,3,iPhone,1,Jasa,1,Jasa Disinfektan,1,Jilbaber,2,Jual Lifting Equipment,1,Kabar Menarik,14,Kartu Kredit,3,Kebersihan Untuk bayi,1,Kebugaran,1,Kecantikan,11,Kehamilan,1,Kesehatan,31,Kesehatan Anak,2,Kolesterol,1,Komunal,1,Kredit,5,KTA,1,Kue,1,Kuliner,6,li,1,Lifestyle,30,Makeup Wajah,1,Manfaat Puasa,1,Mannfaat Madu,1,Mesin Cuci,1,Mobil,2,Motivasi,1,Motor,2,Muslim,1,Obat,2,Objek Wisata,2,Online,1,Online Shop,6,Otomotif,7,Outo,1,Panel Surya,1,Pariwisata,2,Payment,1,Payment Gateway,1,PDAM,1,Pembangkit Listrik,1,Pembayaran,1,Pembayaran Online,1,Pendidikan,2,Perawatan Bayi,1,Perawatan Gigi,1,Perawatan Rambut,1,Perbaikan Rumah,1,Perbankan,9,Perlengkapan Bayi,1,Perumahan,1,Perumahan Cibubur,1,Peta Situs,1,Pinjaman Online,1,Polyflex,1,Polytron,1,Promo,1,Properti,23,Ramadan,1,Religi,2,Rental forklift Surabaya,1,Resep,2,Resep Makanan,2,Resep Masakan,1,Rumah,4,Sablon,1,Sabun Bayi,2,Sejarah,3,Selebriti,1,SEO,1,Skincare,1,Smartphone,7,Software,1,Sosial,2,Sports,2,Suzuki,1,Tabungan,1,Teknologi,13,Tiket Kareta,1,Tiket Pesawat,3,Tips,59,Toko Online,1,Travel,1,Traveling,11,Wahana Bermain,1,Waterboom,1,Wisata,13,Wisata Bahari,1,Wisata Bali,1,Yamaha,1,
ltr
item
Daichikazumi.com: Pengertian Klasifikasi dan Berbagai Contohnya
Pengertian Klasifikasi dan Berbagai Contohnya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjbcglX0bhmjELRVcGZ7K2Y2A6SyrLcKcOXK0kxJcaZtrPUe71gbkeBHeYg5MGi575MGPIVLw8mIfW8W6jphZwZOc_lU8Gs5c-Jdj1Mta4I_k0aurXeIuQpd_Kcom3JCNOTogqZ3gfRE3mSviPAJzgQyF7FWOS8JIyOqzwqXSGyTgAK8kOP8g62L6i0=w640-h334
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjbcglX0bhmjELRVcGZ7K2Y2A6SyrLcKcOXK0kxJcaZtrPUe71gbkeBHeYg5MGi575MGPIVLw8mIfW8W6jphZwZOc_lU8Gs5c-Jdj1Mta4I_k0aurXeIuQpd_Kcom3JCNOTogqZ3gfRE3mSviPAJzgQyF7FWOS8JIyOqzwqXSGyTgAK8kOP8g62L6i0=s72-w640-c-h334
Daichikazumi.com
https://www.daichikazumi.com/2022/07/pengertian-klasifikasi-dan-berbagai-contohnya.html
https://www.daichikazumi.com/
http://www.daichikazumi.com/
http://www.daichikazumi.com/2022/07/pengertian-klasifikasi-dan-berbagai-contohnya.html
true
6959559938228820402
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy