Manfaat Penting Madu Untuk Anak-Anak Selama Tidur


Banyak orang tua yang tahu madu tidak lebih dari sekedar minuman anabolik atau energi untuk anak-anak mereka. Sebelum memulai hari yang penuh aktivitas atau olahraga, minuman madu sangat disarankan sebagai minuman untuk membantu anak melewati tantangan pada harinya tersebut. Oleh karena itu, sangat penting sekali memberikan madu pada anak anak. Untuk mendapatkan madu murni, anda harus datang ke toko yang jual madu untuk anak terpercaya.

Ilustrasi
Madu lebih dari karbohidrat yang sangat baik. Studi yang berkaitan dengan Hibernation Diet telah menunjukkan penggunaan madu sebagai makanan paling ideal karena sebagai pembangun kekebalan tubuh yang hebat. Sebelum akhirnya menuju toko yang jual madu untuk anak, anda perlu mengetahui manfaat madu bagi kesehatan anak-anak untuk pemulihan saat tidur. Inilah ulasannya!

Madu memulihkan kondisi tubuh setelah tidur
Untuk mengaktifkan siklus tidur dan pemulihan yang optimal, berikan anak Anda sesendok madu setiap hari sebelum tidur. Fruktosa dalam madu masuk ke hati, diubah menjadi glukosa dan disimpan sebagai glikogen hati untuk hibernasi. Dengan kapasitas penyimpanan yang kecil hanya 75g glukosa, hati memiliki tugas besar untuk membagikan 10g / jam. Dengan pembagian 6.5g ke otak (organ yang sangat membutuhkan energi) sedangkan yang 3.5g ke ginjal dan sel darah merah.

Jika glukosa tidak terpenuhi dengan baik maka, otak akan melepaskan hormon stres dari kelenjar adrenal. Produksi hormon stres yang berlebihan dalam jangka panjang, hari demi hari, minggu demi minggu, dapat menyebabkan fungsi kekebalan tubuh yang buruk dan banyak penyakit kesehatan termasuk obesitas, penyakit jantung, osteoporosis, diabetes, hipertensi, depresi, kehilangan ingatan dan masalah kesehatan lainnya bagi anak-anak. 

Madu untuk Perkembangan Otak
Mengapa madu diberi label sebagai bahan bakar otak, mungkin anda bertanya-tanya akan hal itu. Diantara semua makanan, termasuk jus buah madu dianggap sebagai makanan paling ideal sebelum tidur?  Itu karena madu dipercaya tidak ada bandingannya dalam mengisi otak yang merupakanraja organ tubuh. Untuk membuat perkembangan otak anak maksimal, anda bisa memberikan satu sendok makan madu secara rutin.

Membantu menyembuhkan luka lebih cepat
Aktivitas penyembuhan luka dari madu sudah diteliti dan ternyata hasilnya memang efektif. Apalagi bagi anak-anak yang sering mengalami luka. Ketika madu diterapkan pada luka, penyembuhan luka-luka tersebut bisa lebih cepat daripada luka yang tidak diberikan madu. Namun, untuk memberikan manfaat ini, anda harus mendapatkan madu asli dari distributor yang jual madu untuk anak. Ketahui cara memilih madu yang bagus.

Mengatasi batuk
Secara tradisional, sejak dulu madu sudah diberikan kepada anak-anak yang menderita batuk. Batuk saat malam hari dapat mempengaruhi tidur si kecil. Ketika madu diberikan kepada anak, maka akan bertindak sebagai agen yang menenangkan pada selaput lendir yang meradang dan iritasi. Selain batuk yang menjengkelkan, madu juga bermanfaat dalam mengurangi kesulitan tenggorokan saat menelan.

Madu memang bagus untuk kesehatan anak-anak secara keseluruhan. Tapi, anda juga harus tahu bahwa madu tidak bagus untuk bayi kurang dari 1 Tahun. Berikut ini akibat yang bisa ditimbulkan oleh madu yang diberikan kepada bayi usia kurang dari 1 tahun.

Botulisme bayi
Botulisme bayi adalah bentuk keracunan makanan serius yang dapat terjadi pada bayi, di bawah usia 1 tahun, yang telah diberi madu. Madu dapat mengandung spora bakteri yang menyebabkan botulisme pada bayi. Jadi, hindari pemberian madu pada bayi Anda. Hanya setelah bayi Anda berumur 1 tahun atau lebih, Anda bisa memberi madu.

Resiko alergi
Terlepas dari botulisme bayi, ada juga risiko alergi dalam madu. Meskipun risiko mendapatkan alergi sangat kecil, namun itu adalah risiko yang wajib diketahui. Banyak orang memiliki alergi serbuk sari dan madu dapat mengandung serbuk sari. Jadi, lebih baik hindari memberikan madu pada bayi di bawah usia 1 tahun, karena bayi lebih sensitif daripada orang-orang dewasa.

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment