Hal yang Kurang Mengenakkan yang Kemungkinan Terjadi Jika Menggunakan Layanan PDAM


PDAM
PDAM atau Perusahaan Daerah Air Minum merupakan salah satu unit usaha milik daerah, yang yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum. PDAM terdapat di setiap provinsi, kabupaten, dan kotamadya di seluruh Indonesia. PDAM merupakan perusahaan daerah sebagai sarana penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor oleh aparataparat eksekutif maupun legislatif daerah. Air merupakan sumber kehidupan, untungnya di Indonesia pendistribusian air bersih sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah. Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mengikuti program PDAM. Salah satunya adalah hemat air, karena jika anda memilliki sumur sendiri, anda akan menghambur-hamburkan air. Sedangkan jika anda berlangganan air di PDAM anda akan mengontrol penggunaan air, karena jika anda boros, tagihan air pun akan melonjak saat anda bayar tagihan air PDAM online.

Banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda berlangganan air di PDAM, tapi kali ini artikel ini tidak membahas mengenai keuntungan atau kelebihan berlangganan air di PDAM melainkan akan membahas mengenai kekurangannya. Karena berbagai hal pastinya memiliki dua sisi yaitu sisi kelebihan dan kekurangannya, begitu juga dengan PDAM.

·     Para pengguna air PAM atau PDAM perlu merogoh kocek lebih untuk membayar tagihan rekening air setiap bulannya. Berbeda dengan jika anda memiliki sumur sendiri, anda harus membayar sejumlah tagihan tiap bulannya untuk bayar air yang anda gunakan. Sedangkan jika anda memiliki sumur sendiri anda cukup mengeluarkan uang saat melakukan penggalian sumur saja, selanjutnya mungkin akan ada biaya maintenance tapi tidak setiap bulan juga.
·    Biasanya dalam proses pendistribusian, banyak terjadi "kebocoran" yang bisa mengakibatkan mutu air PAM menurun. Bisa dikata kekurangan dari air PAM atau PDAM adalah aliran air PDAM kadang kecil yang disebabkan oleh penggunaan dalam waktu bersamaan oleh sekian banyak orang. Terlebih bila terjadi kebocoran pipa, maka sudah dipastikan aliran air kerumah kita akan terhambat untuk beberapa waktu terutama bila akan diperbaiki. Ini paling mengganggu dan mengharuskan anda memiliki sumber air cadangan lain.
·  Meskipun PDAM sudah menjamin kualitas dan kejernihan airnya, terkadang untuk musim kemarau sesekali aliran air PAM juga keruh dan berbau kaporit. PDAM merupakan perusahaan air minum, seharusnya kualitas air yang di distribusikan adalah air yang layak minum atau siap minum tanpa harus dimasak terlebih dahulu. Tapi pada kenyataannya ternyata kualitas air PDAM hanya sebatas standar kualitas air bersih yang hanya bisa langsung digunakan untuk mandi dan mencuci, sedangkan untuk diminum dan dimasak anda harus mendidihkannya terlebih dahulu agar siap pakai.
·     Untuk daerah tertentu masih banyak yang belum terakses oleh air PAM atau PDAM. Meskipun program pemerintah ini sudah ada sejak lama, namun pendistribusiannya belum merata sama sekali. Masih banyak daerah yang belum terjangkau oleh pipa PAM atau PDAM sehingga mereka masih harus mencari sumber air sendiri dengan membuat sumur dan dialirkan ke rumah-rumah tanpa pengetahuan yang cukup dan tanpa adanya quality control.

Itulah beberapa kelemahan atau kerugian dari berlangganan air PDAM yang harus anda ketahui. Hal ini dapat menjadi pertimbangan bagi anda apakah anda akan menggali sumber air sendiri atau berlangganan PDAM untuk memenuhi kebutuhan air anda. Manapun pilihannya hematlah penggunaan air tersebut, karena kini jumlah air bersih semakin berkurang dan sering terjadi kekeringan

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment