Lebih Baik Membangun atau Membeli Rumah?

Memiliki rumah sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung merupakan suatu hal yang penting bagi setiap orang. Membeli rumah jadi atau membangun rumah dari awal merupakan pilihan yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan rumah impian Anda. Tentunya kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan dan keuntungan tersendiri. 

Jika ingin membeli rumah siap huni, tentu Anda tidak perlu repot mencari jasa bangun rumah untuk membangun rumah Anda. Berbeda dengan sebaliknya, dengan membangun rumah sendiri, Anda bisa menciptakan hunian yang sesuai dengan impian Anda. 

Baik membangun atau membeli rumah, keduanya membutuhkan perencanaan yang matang. Untuk itu simak penjelasan dibawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan dalam membangun rumah dari awal atau membeli rumah siap huni. 

1. Menentukan pilihan 
Jika kita membangun rumah, tentu kita bisa menentukan segala sesuatunya. Dimulai dari letak rumah, luas rumah, tipe rumah, gaya arsitektur, jumlah kamar dan sebagainya. Dengan membangun rumah sendiri, Anda bisa bebas berkreasi untuk menciptakan hunian impian Anda. Hal itu tidak dapat kita rasakan ketika membeli rumah siap huni. Namun, Anda juga bebas berkreasi untuk mempercantik ruangan Anda dengan pilihan dekorasi ruangan sesuai keinginan Anda. 

2. Hemat biaya
Baik membangun rumah dari awal atau membeli rumah jadi tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Perhatikan anggaran yang Anda miliki. Jika Anda memiliki dana yang cukup besar untuk membangun rumah, kenapa tidak? Membangun rumah sendiri memang membutuhkan biaya extra dibanding membeli rumah jadi. Karena Anda harus membayar beberapa keperluan seperti jasa tukang, kontraktor, interior design dan sebagainya. Dengan memilih untuk membeli rumah jadi, sisa uang yang Anda miliki bisa dialihkan untuk membeli furnitur, seperti barang-barang elektronik atau bisa ditabung kembali. 

3. Konsep rumah tumbuh 
Jika memang jumlah dana yang Anda miliki masih terbatas. Anda bisa menggunakan konsep rumah tumbuh. Konsep rumah tumbuh ini bisa dimulai dari membangun ruang dari ruangan-ruangan yang paling penting terlebih dahulu. Misal kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu dan ruang keluarga. Sisanya, bisa Anda membangun ruangan lainnya ketika anggarannya sudah memenuhi. Ragu dengan pemasukan anggaran yang tidak pasti? Lebih baik memilh untuk membeli rumah siap huni. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot mengusung konsep rumah tumbuh ini, karena segala ruangan sudah tersedia bagi Anda. 

4. Siap pakai
Hal ini seringkali menjadi alasan mengapa seseorang memilih untuk membeli rumah siap huni. Anda memang tidak perlu repot-repot untuk mengurusi proses membangun rumah dan sebagainya. Bagi Anda pencinta kepraktisan, tentu membeli rumah siap huni merupakan pilhan yang tepat. Anda bisa menghemat waktu serta biaya, karena untuk membangun rumah tentunya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

5. Waktu yang lama
Hal ini tentu saja akan terjadi kalau Anda memilih untuk membangun rumah. Untuk mengurusi perizinannya saja membutuhkan waktu sekitar satu sampai dua tahun. Setelah itu proses membangunnya juga tidak memakan waktu sebentar. Anda juga harus mengontrak rumah selagi rumah tersebut dibangun. Dengan membeli rumah yang siap huni tentu Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk mengontrol proses proyek rumah Anda. Dengan begitu Anda bisa menggunakan waktu untuk bermain bersama keluarga atau melakukan kegiatan lainnya yang lebih berguna. 

6. Proses rumit
Rumitnya membangun rumah dapat terlihat sejak penentuan pemilihan lokasi sekaligus melakukan pengurusan perizinan. Selain memilih arsitek untuk mendesain, Anda harus memilih kontraktor untuk membangun rumah, bahkan tidak lupa untuk mengurusi instalasi air, listrik, jaringan internet, telepon dan sebagainya. Proses legalitas seperti keabsahan sertifikat dan IMB juga berisiko jika tidak diurus dengan benar. Membeli rumah siap huni tentu akan menghindari Anda dari proses yang rumit tersebut. 

7. Terkekang oleh desain
Membeli rumah siap huni tentu sudah memiliki desain tersendiri, sehingga terkadang sering kali rumah tersebut tidak sesuai dengan keinginan kita. Bahkan kadang ada bagian kecil dari rumah tersebut yang tidak kita sukai sehingga mengharuskan kita untuk merenovasi rumah atau bahkan tidak jadi membeli rumah tersebut. Untuk mencari rumah siap huni yang sesuai dengan Anda memang membutuhkan waktu yang lama. Perlu survei dan pengamatan yang teliti untuk membeli rumah siap huni. 

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari membangun atau membeli rumah. Dengan mengetahui kelebihan serta kekurangan tersebut, semoga Anda bisa memilih dengan bijak sesuai kebutuhan Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. 

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment