Penuhi Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Membeli Rumah

Beli rumah yang sesuai dengan impian untuk pertama kalinya merupakan pengalaman pertama yang ditunggu oleh setiap orang. Banyaknya pilihan rumah dijual di Semarang yang ditawarkan oleh agen jual beli rumah terkadang membuat pembeli merasa bingun dan kesulitan menentukan pilihan untuk beli rumah yang mana yang akan mereka huni. Selain itu mahalnya nilai jual rumah yang ditawarkan terkadang membuat calon pembeli merasa sulit dan enggan, entah itu masalah financial ataupun masalah keputusan pemilihan rumah yang akan dibeli. Bila kebetulan kamu merupakan salah satu dari mereka yang mengalami kasus seperti ini. Kamu bisa menemukan beberpa solusinya dengan memperhatikan hal – hal berikut ini sebelum menentukan pilihan.
Penuhi Hal Ini Sebelum Kamu Memutuskan Untuk Membeli Rumah
Ilustrasi
Ketahui informasi rumah yang kamu inginkan
Sebelum kamu memutuskan untuk beli rumah yang kamu pilih. Pastikan kamu sudah mengetahui dan mendapatkan informasi lengkap terkait rumah yang kamu pilih tersebut. Ketahui dengan detail khususnya masalah pembiayaan yang harus kamu tunaikan untuk membeli rumah dijual di Semarang tersebut. Lihat dengan cermat setiap table dan rincian cicilan selama periode kredit, bandingkan seberapa besar perbandingan antara utang pokok dengan bunga di awal periode kredit, berapa lama bunga tetap yang berlaku. Hal ini disarankan untuk kamu karena tidak sedikit calon pembeli yang membeli rumah pertama mereka berdasarkan rekomendari dari kerbat dekat.

Sesuaikan pendapatan dan tabungan yang kamu periapkan untuk beli rumah. Perhitungkan pula perkiraan biaya – biaya tambahan yang harus kamu sediakan seperti biaya untuk iuran komoditi penduduk, bea cukai hingga biaya renovasi rumah bila diperlukan.

Cari tahu reputasi dan kompeten dari developer atau agen yang kamu gunakan jasanya. Bagaimanan ulasan yang diberikan pelanggan, apakah ada pelanggan yang pernah dikecewakan ?. pastikan kamu memilih developer atau agen jual rumah yang memiliki reputasi yang baik serta testimoni yang dapat dipertanggung jawabkan. Jangan lupa pula untuk memeriksa kualitas bangunan pada projek – projek perumahan yang pernah digarap.

Pilih sistem pembayaran yang tepat
Apakah kamu akan membayar rumah dengan tunai keras, tunai bertahap atau melalui KPR ( Kredit Pemilikan Rumah ). Pembayaran tunai keras sangat disarankan bila kamu memiliki anggaran yang memadai, pihak developer atau agen properti biasanya akan memberikan potongan harga sekian persen kepada pembeli yang membayar dengan tunai keras. Namun jangan memaksakan bila kamu memiliki budget yang pas – pasan, cukup pilih metode pembayaran yang mampu untuk kamu tunaikan.

Hitung dan perkirakan biaya tambahan selain biaya untuk beli rumah, seperti misalnya biaya PPh, PPn, BPHTB dan biaya lainnya. Karena jumlahnya tidak dapat diperkirakan , karena ketentuan yang berbeda pada setiap rumah, kamu bisa mempersiapkan sekitar 15 % hingga 20 % dari nilai jual rumah.

Pilih rumah dengan kondisi terbaik
Lakukan pemeriksaan pada rumah yang akan kamu pilig,  pastikan rumah tersebut dalam kondisi yang sangat baik dan maksimal. Seperti misalnya cat dinding yang rata tidak mengelupas, saluran air, aliran listrik, hingga ventilasi udara dan sumber cahaya alami yang masuk ke dalam rumah. Periksa semuanya secara detail, pastikan semua hal berada dalam kondisi yang sangat baik. Catat bila kamu menemukan beberapa kerusakan, kamu bisa mengajukan keluhan dengan catatan tersebut, pastikan agar developer atau agen rumah dijual di Semarang dapat merapikan dan memperbaikinya dengan segera sebelum kamu menempatinya. Cobalah untuk meminta jaminan atau garansi satu periode ( 6 Bulan atau 1 tahun ) untuk segala kerusakan yang terjadi di rumah yang kamu pilih.

Namun bila kamu tidak memiliki kesepakatan dalam hal kerusakan rumah ada baiknya bila kamu melakukan renovasi sendiri. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan biaya renovasi, biaya untuk memperbaiki dan merawat rumah yag baru dibeli dan mengalami kerusakan bisa mengeluarkan biaya senilai 1 % hingga 3% dari harga jual rumah. Sekilas mungkin tampak bukan nilai yang besar, meskipun begitu kamu lebih baik mencegahnya dengan membeli rumah yang memiliki kondisi sangat bagus dan siap untuk dihuni.

Periksa lingkungan rumah
Selain memperhatikan biaya, dan kondisi rumah dijual di Semarang yang akan kamu beli. Melakukan pemeriksaan dan pengeceka di lingkungan sekitar rumah juga perlu kamu lakukan. Kamu tentu tidak ingin tinggal di rumah yang memiliki akses jalan tidak baik atau rusak. Perhatikan jalan –jalan utama untuk mengakses rumah dengan tempat – tempat yang penting seperti kantor, sekolah, pusat perbelanjaan dan tempat lainnya. apakah terdapat angkutan umum atau transportasi umum di sekitar rumahmu ?

Informasi diatas akan sangat berguna bagi kamu yang akan beli rumah untuk pertama kalinya. Bila informasi diatas masih tidak membuat kamu terpuaskan. Kamu bisa mengunjungi pameran atau seminar rumah untuk bertanya secara langsung mengenai permasalahan yang kamu pertanyakan. Selain itu kamu juga akan mendapatkan pilihan – pilihan baru rumah murah di Bekasi dengan kriteria dan spesifikasi yang berbeda pula.

Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment