Kondisi Kerusakan Mobil Ini Kerap Terjadi Saat Sedang Berlibur

Memiliki asuransi perjalanan akan memberikan banyak manfaat bagi kita. Karena perjalanan kita menjadi lebih nyaman dan aman dengan perlindungan dari asuransi perjalanan. Kita tak perlu terlalu khawatir dengan risiko kerugian finansial yang dapat terjadi akibat kecelakaan.

Sejak ada Futuready, mengurus asuransi perjalanan online jadi kian mudah. Kita bisa mengakses situs Futuready terlebih dahulu di: https://www.futuready.com/asuransi/produk/perjalanan/
agar bisa mendapatkan informasi terkini tentang asuransi perjalanan. Sebagai supermarket asuransi terkemuka di Indonesia, Futuready sudah menyiapkan ragam pilihan asuransi perjalanan yang berkualitas.

Kendati demikian, kita juga tetap harus waspada dengan kondisi mobil saat sedang berlibur. Karena asuransi perjalanan tidak memberikan proteksi terhadap kerusakan mobil. Padahal beberapa kondisi kerusakan ini ternyata sering terjadi saat mobil digunakan berkendara jarakjauh :

Overheat (Kelebihan Temperatur)
Mobil yang kelebihan temperatur biasanya tidak menunjukkan gejala tertentu. Hanya indikator temperatur mobil yang akan menunjukkan kenaikan. Jika sudah mencapai tahap yang parah, maka mesin mobil akan mati dan tidak bisa dinyalakan lagi. Overheat biasanya disebabkan oleh air radiator yang habis atau waktu tempuh perjalanan yang terlalu lama. 
Kondisi Kerusakan Mobil Ini Kerap Terjadi Saat Sedang Berlibur
Ilustrasi. (foto: jdlines.com)
Kita wajib memeriksa radiator secara hati-hati karena kemungkinan besar temperaturnya sangat tinggi. Gunakan kain tebal dan basah untuk membuka tutup radiator. Jika airnya habis, isilah sampai penuh lalu tunggu beberapa saat hingga temperatur menurun dan mobil siap dikendarai lagi.

Ban Pecah di Tengah Jalan
Ban mobil yang pecah di tengah jalan tentu rentan mengakibatkan kecelakaan. Saat mengalami pecah ban, jangan panik dan peganglah setir kuat-kuat. Usahakan agar laju mobil tetap lurus sembari berusaha mencari tempat pemberhentian terdekat.

Sebaiknya kita tidak berpindah jalur atau mengerem secara tiba-tiba. Kita mesti tetap tenang dan tetap mengemudikan mobil dengan baik. Jangan lupa pula menyiapkan ban cadangan yang berada dalam kondisi baik untuk mengganti ban yang pecah.

Menghadapi Rem Blong
Biasanya kondisi rem blong akan membuat pengemudi jadi panik. Tetapi hal ini justru memerlukan ketenangan dan kelihaian pengemudi. Cobalah untuk mengocok rem sebanyak 3 kali. Kalau rem benar-benar tidak bisa digunakan, turunkan persneling mobil secara perlahan-lahan hingga mobil siap berhenti di tempat yang kita inginkan.

Semakin banyak pengalaman mengemudi kita, maka semakin mahir dan tenang pula kita saat menghadapi kerusakan mobil. Kita pun tak perlu khawatir kalau liburan akan terganggu dengan kondisi mobil yang rusak. Mari memperhatikan kondisi mobil secara cermat sebelum pergi berlibur!
Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment