Tips Merawat Hard Disk Eksternal

Ada dua jenis harddisk yang biasanya digunakan, yaitu harddisk internal dan harddisk eksternal. Sesuai namanya, harddisk internal ada di dalam komputer dan berfungsi sebagai nyawa dari komputer tersebut. Sedangkan harddisk eksternal pada umumnya digunakan sebagai alat penyimpan data tambahan. Harddisk eksternal disambungkan ke laptop melalui port USB seperti flashdisk. Namun, harddisk pada umumnya memiliki kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan flashdisk. 
Tips Merawat Hard Disk Eksternal
Ilustrasi. (foto: jalantikus.com)
Kapasitas yang besar dan harga yang mahal, menjadikan harddisk eksternal menjadi barang yang sangat penting. Anda tentu saja tidak ingin data yang telah susah payah anda kumpulkan hilang begitu saja hanya karena harddisk anda rusak dan tidak terbaca. Oleh karena itu, kami merangkumkan beberapa tips merawat hard disk untuk memperpanjang usia harddisk anda dan menjaganya dari kerusakan.

1. Hindari terhadap benturan yang keras dan getaran
Pada umumnya, harddisk eksternal tidak dilengkapi dengan pelindung, sehingga benturan dan getaran dapat menjadikan harddisk anda menjadi rentang terhadap kerusakan. Oleh karena itu, jaga harddisk anda agar tidak terbanting atau jatuh dan membentur benda keras. Di samping itu, harddisk anda juga lemah terhadap getaran. Jangan menyimpan harddisk anda di atas sebuah speaker yang menyala. Getaran yang dikeluarkan speaker secara terus menerus dapat menyebabkan komponen dalam harddisk anda menjadi rentan dan rapuh.

2. Jangan langsung mencabut connector hard disk
Biasakanlah untuk mencabut konektor harddisk anda dengan cara yang aman. Jangan langsung mencabut konektor harddisk anda begitu anda selesai menggunakannya. Karena, bisa jadi ada beberapa program atau cache yang masih berjalan di dalam harddisk anda. Khususnya ketika anda melakukan pemindahan data. Konektor yang terputus tiba-tiba dapat menjadikan file anda menjadi corrupt dan dapat memperpendek usia harddisk anda.

3. Letakkan dipermukaan yang padat
Seperti halnya laptop, harddisk anda juga membutuhkan ruang yang cukup untuk “bernafas”. Meletakkan harddisk di tempat yang empuk dan lembut akan membuat sirkulasi udara dalam harddisk anda menjadi buruk dan meningkatkan suhu harddisk anda. Suhu tinggi dapat merusak komponen dalam harddisk anda.

4. Jauhkan dari air
Air merupakan musuh bebuyutan barang elektronik. Termasuk harddisk anda. Jauhkan air atau minuman lainnya dari anda saat anda sedang menggunakan harddisk anda. Percayalah, anda tak ingin semuanya menjadi terlanjur.

5. Cabut kabel USB dengan menarik kepala konektornya
Mencabut kabel USB tanpa memegang kepala konektor adalah tindakan yang buruk. Hal ini dapat merusak kabel USB anda dan menghambat transfer data yang berlangsung antara komputer dengan harddisk anda. Kabel yang longgar akan mengganggu kerja harddisk dan tentu saja memperpendek usia harddisk anda.

6. Simpan saat tidak digunakan
Ini adalah hal yang sederhana. Simpan harddisk anda saat anda tidak menggunakannya. Simpan harddisk anda dalam case nya dan letakkan di tempat yang aman dan terhindar dari segala macam gangguan yang dapat merusak komponen harddisk anda.
Share on Google Plus

About ibnu Amr

1 comments:

  1. *warning* Don?t any of you people ever take me to CiCi?s pizza! There food looks offensive!|Urban_Elegance|

    ReplyDelete