Ketahui Penyebab Gizi Buruk dan Cara Mengatasinya

Pengetahuan mengenai kesehatan harus kita fahami dengan baik, terutama asupan gizi yang akan dikonsumsi oleh anak. Gangguan gizi buruk biasanya terjadi di Negara Miskin dan Negara Sedang Berkembang. Meskipun era telah beralih ke era modern, namun pola kehidupan masyarakat di Negara Miskin dan Berkembang masih terbelakang. Sehingga hal tersebut masih memicu terjadinya gangguan gizi buruk, sebagai contohnya adalah Kasus Gizi Buruk di Somalia. Faktor ekonomi dan kurangnya pengetahuan tentang kesehatan masih menjadi faktor teratas yang mempengaruhinya.
Gizi Buruk di Somailia
Warga Somailia. (foto: majalahkartini.co.id)
Di Negara Maju, pola pikir masyarakat akan kesehatan lebih baik, didukung dengan sistem pemerintahan yang tertata khususnya d bidang kesehatan. Penyebab Gizi Buruk bisa anda ketahui dalam pembahasan di bawah ini !

Penghasilan Keluarga yang Terbatas
Hidangan makanan di meja makan mungkin akan sangat ditentukan oleh penghasilan keluarga, baik kualitasnya maupun jumlah makanan. Namun, tidak selamanya penghasilan cukup bisa mendukung pemenuhan gizi, faktanya adalah pemenuhan gizi bisa diperoleh dengan cara yang sederhana.

Pengetahuan tentang Kesehatan dan Gizi
Meskipun penghasilannya cukup, jika tidak didukung dengan pengetahuan tentang kesehatan dan gizi, tentu ini keliru. Banyak diantara mereka yang berpenghasilan cukup tapi hidangan makanannya itu-itu saja atau bahkan seadanya. Pengetahuan tentang gizi akan memberikan dampak positif kepada seluruh anggota keluaraga.

Kelahiran yang tidak terencana
Di Negara Miskin, kelahiran anak tidak diperhatikan dengan baik, sehingga lebih beresiko terkena gangguan gizi buruk. Ibu yang sedang hamil ketika anak yang lain masih kecil menjadikannya kurang memperhatikan asupan gizi bagi anak. Maka dari itu mengatur jarak kelahiran menjadi sangat penting agar memiliki waktu yang cukup untuk memperhatikan asupan gizi bagi anak.

Selain Mengetahui Penyebab Gizi Buruk, anda sebaiknya mengetahui juga gejala yang bisa dikenali pada anak yang terkena gizi buruk. Kondisi tubuhnya kurus, kemungkinan terkena gizi buruk ringan. Sedangkan gejala gizi buruk bisa dikenali dengan ciri-ciri diantaranya badan sangat kurus hingga tulang terlihat jelas melekat di kulit, perut cekung disertai tulang rusuk yang terlihat garis-garisnya dan kulit keriput. Jangan biarkan hal ini terjadi, anda tentunya sangat mendambakan anda yang berbadan sehat bukan?

Agar anak memiliki badan yang sehat dan memperoleh pertumbuhan yang baik, anda sebaiknya memperhatikan betul apa yang harus dilakukan. Memberikan ASI Ekslusif hingga anak berusia 6 bulan dan selanjutnya memberikan makanan pendamping ASI. Konsumsilah makanan bergizi setiap hari, seperti makanan 4 sehat 5 sempurna. Perhatikan juga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Sebagai orang tua dituntut untuk mencari referensi dari media elektronik, media massa atau media internet mengenai asupan gizi yang baik. Bisa juga berkonsultasi langsung dengan dokter agar lebih jelas. Semoga Bermanfaat.
Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment