ASI Dan Susu Formula untuk Bayi

Minuman wajib bagi setiap bayi yang baru lahir adalah ASI. Kita sering mendengar pemberian ASI Ekslusif pada bayi karena sangat bermanfaat untuk ibu dan bayinya. Namun tidak semua orang tua faham betul mengenai manfaat ASI ekslusif.

ASI dapat meningkatkan kecerdasan otak dan mental anak. Zat yang terkandung dalam ASI tidak ditemukan pada susu formula. Zat inilah yang bisa meningkatkan kecerdasan. selain meningkatkan kecerdasa, Manfaat ASI ekslusif juga bisa menambah sistem imun tubuh bayi. Sistem imun ini penting dalam menangkal serangan penyakit. Dimana tubuh bayi lebih rentan terserang penyakit, tidak mau kan bayi yang kita sayang terserang penyakit ?

Karena ASI keluar langsung dari payudara si Ibu, maka dijamin tidak terkontaminasi dengan zat-zat berbahaya. ASI lebih ekonomis karena gratis dan kualitasnya terjamin. Sistem pencernaan bayi akan lebih cepat menerima ASI yang dikonsumsi dibandingkan dengan susu formula. Tidak semua susu formula cocok dengan sistem pencernaan bayi, tidak jarang banyak bayi yang susah buang air besar.

Selain manfaat ASI Ekslusif untuk bayi, Ibu menyusui lebih sehat. ASI yang tidak dikeluarkan bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ibunya. Selain itu, hubungan bisa terjalin dengan baik melalui pemberian ASI.
Namun, beberapa ibu tidak bisa menyusui bayinya, susu formula menjadi alternatif yang bisa dipilih. Susu formula bisa memberikan rasa kenyang lebih lama karena endapan besar yang ditimbulkannya. Tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal dengan adanya jumlah kalori, mineral dan vitamin yang sesuai. Pilihlah merek susu formula yang cocok dengan usia bayi.
ASI. (foto: dumiaanak.org)

Pekerjaan ibu seringkali menjadi alasan mengapa bayi diberi susu formula. Selebihnya biasanya dikarenakan keadaan-keadaan tertentu seperti Puting rata atau lecet, saluran susu tersumbat, abses payudara, dan infeksi payudara.

Sebenarnya, setiap bayi memiliki penerimaan yang berbeda ketika diberikan susu formula. Dampak masalah yang ditimbulkan seperti diare, gangguan kulit, muntah dan susah buang air besar sering terjadi pada bayi yang tidak cocok mengkonsumsi susu formula.

Orang tua dituntut untuk bisa memberikan susu formula yang baik dan dengan takaran yang dianjurkan. Usahakan higienis ketika membuatnya, mencuci tangan dengan bersih dan sterilkan botol atau dot susunya. Aturlah air panas dan air dingin sesuai takaran. Jika ada susu sisa, janganlah dicampurkan dengan susu yang baru dibuat.


Solusi bagi kamu ibu muda yang kesulitan mencari waktu luang untuk membeli susu formula, bisa membelinya di blanja.com. Kamu tinggal memilih susu apa yang ingin dibeli, lalukan pembayaran dan tinggal menunggu pesanan diantarkan hingga depan pintu Rumah. Dapatkan promo valentine yang beragam dengan berbelanja sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. 
Share on Google Plus

About ibnu Amr

0 comments:

Post a Comment