Beaking News$type=ticker$meta=0$meta=0$readmore=0$snippet=0$columns=4

Manfaat Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam

Manfaat Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam Adapun manfaat atau kegunaan dalam mempelajari sejarah pendidikan meliputi dua hal yaitu ...

Manfaat Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam


Adapun manfaat atau kegunaan dalam mempelajari sejarah pendidikan meliputi dua hal yaitu bersifat umum dan akademis. Sejarah pendidikan islam memiliki kegunaan tersendiri diantaranya sebagai faktor keteladanan, cermin, pembanding, dan perbaikan diri. Dalam Al-Qur’an sebagai sumber ajaran islam banyak mengandung nilai-nilai kesejarahan sebagai suatu keteladanan. Hal ini terdapat dalam Al-Qur’an :‌‌‌‌‌‌Artinya: “Sesungguhnya telah ada pada diri Rosulullah itu suri tauladan yang baik bagimu sekalian ….” (Q.S. Al-Ahzab: 21)
(foto: rinirupin.com)
Artinya: “Katakanlah jika kamu (benar-benar)mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu….“(Q.S. Ali-Imran:31)
Artinya: “…. Dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk.” (Q.S Al-A’raaf:158)
Berpedoman pada ayat-ayat diatas, sebagai umat islam kita dapat meneladani proses pendidikan islam semenjak zaman kerasulan Muhammad SAW, Khulafaur Rasyidin, ulama-ulama besar dan para penggerak pendidikan islam.
Sebagai cerminan sejarah, kita perlu bercermin atau mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian masa lampau sehingga sejarah yang dihasilkan dapat diambil manfaatnya khususnya bagi perkembangan pendidikan islam.
Sebagai pembanding, suatu peristiwa yang berlangsung dari masa ke masa, dari waktu ke waktu tentu memiliki persamaan. Oleh karenanya, hasil yang diperoleh dari proses pembanding antara masa lampau, sekarang, dan yang akan datang diharapkan mampu memberi andil bagi perkembangan pendidikan islam karena pada hakikatnya sejarah itu menjadi cerminan pembanding bagi masa yang baru.
Sebagai perbaikan, yaitu setelah menafsirkan pengalaman masa lampau dalam berbagai kegiatan kita berusaha memperbaiki keadaan yang sebelumnya kurang konstruktif hingga menjadi lebih konstruktif.
Adapun manfaat sejarah pendidikan islam yang bersifat akademis yaitu:
Mengetahui dan memahami tumbuh kembangnya pendidikan islam, sejak zaman lahirnya islam sampai masa sekarang; Mengambil manfaat dari berbagai proses pendidikan islam, dapat memecahkan masalah pendidikan islam yang terjadi pada masa kini; serta Memiliki sikap positif terhadap segala perubahan dan pembaharuan sistem pendidikan islam.

Ilmu yang Erat Kaitannya dengan Sejarah Pendidikan Islam

Sejarah pendidikan islam bukanlah ilmu yang berdiri sendiri melainkan bagian dari sejarah pendidikan secara umum. Sejarah pendidikan membahas tentang perkembangan pendidikan dari dahulu hingga sekarang. Oleh karenanya, sejarah pendidikan sangat erat kaitannya dengan beberapa ilmu lainnya antara lain yaitu:
Sosiologi, Yaitu suatu interaksi yang terjadi baik antara sesama individu maupun antara golongan, dimana dalam keadaan ini akan menimbulkan suatu dinamika. Dinamika dan perubahan tersebut bermuara pada terjadinya mobilitas sosial dan semua itu berpengaruh terhadap sistem pendidikan islam serta kebijaksanaan pendidikan islam yang dijalankan pada suatu masa.
Ilmu Sejarah, Membahas tentang perkembangan beberapa peristiwa atau kejadian penting di masa lampau juga membahas segala ikhwal (orang-orang besar) dalam struktur kekuasaan politik karena pada umumnya orang-orang besar cukup dominan pengaruhnya dalam menentukan sebuah sistem, materi, tujuan pendidikan, yang berlaku di masa itu.
Sejarah Kebudayaan, Dalam kaitannya pendidikan berarti suatu pemindahan isi dari kebudayaan dalam menyempurnakan segala kecakapan anak didik guna menghadapi berbagai persoalan dan harapan kebudayaannya, pendidikan islam adalah usaha mewariskan nilai-nilai budaya islam dari suatu generasi ke generasi yang akan datang. Oleh karenanya sanagat penting mempelajari sejarah kebudayaan dalam rangka memahami sejarah islam.

Referensi
http://www.seputarpengetahuan.com
Author: Muhammad Nasir

COMMENTS

Name

Aapertemen,1,AC,2,Alergi rhinitis,1,Apartemen,1,Apartemen Green Pramuka City,1,Aplikasi,1,Asuransi,3,Baju Muslimah,1,Bali,2,Bandung,2,Bank,1,Bank Syariah,1,Bayi,1,Belanja Online,3,Berita,3,Bisnis,40,Bisnis Online,1,BPJS Ketenagakerjaan,1,Bunda,1,Busana Muslimah,2,Cara Memandikan Bayi,1,Crypto,1,Dana Cepat,1,Danau,1,Deposito,1,Deposito Online,1,Desain Logo,1,Destinasi Wisata,3,Digital Marketing,1,Drone,1,Duit,1,Ekonomi,30,Ekspedisi,1,Elekronik,1,Elektronik,4,Event,1,Event Analytics,1,Family,8,Fashion,13,Fashion Anak Anak,1,Fashion Pria,1,Fashion Wanita,3,Featured,98,Food,9,Furniture,3,Gadget,3,Gadjet,1,Gallery,2,Gejala Alergi,1,generator Listrik,2,Gengset,1,Genset,1,Green Economy,1,Harbolnas,1,Hijaber,3,Hotel,1,HSBC,1,Imsak,1,Investasi,3,iPhone,1,Jasa,1,Jasa Disinfektan,1,Jilbaber,2,Jual Lifting Equipment,1,Kabar Menarik,14,Kartu Kredit,3,Kebersihan Untuk bayi,1,Kebugaran,1,Kecantikan,11,Kehamilan,1,Kesehatan,31,Kesehatan Anak,2,Kolesterol,1,Komunal,1,Kredit,5,KTA,1,Kue,1,Kuliner,6,li,1,Lifestyle,30,Makeup Wajah,1,Manfaat Puasa,1,Mannfaat Madu,1,Mesin Cuci,1,Mobil,2,Motivasi,1,Motor,2,Muslim,1,Obat,2,Objek Wisata,2,Online,1,Online Shop,6,Otomotif,7,Outo,1,Panel Surya,1,Pariwisata,2,Payment,1,Payment Gateway,1,PDAM,1,Pembangkit Listrik,1,Pembayaran,1,Pembayaran Online,1,Pendidikan,2,Perawatan Bayi,1,Perawatan Gigi,1,Perawatan Rambut,1,Perbaikan Rumah,1,Perbankan,9,Perlengkapan Bayi,1,Perumahan,1,Perumahan Cibubur,1,Peta Situs,1,Pinjaman Online,1,Polyflex,1,Polytron,1,Promo,1,Properti,23,Ramadan,1,Religi,2,Rental forklift Surabaya,1,Resep,2,Resep Makanan,2,Resep Masakan,1,Rumah,4,Sablon,1,Sabun Bayi,2,Sejarah,3,Selebriti,1,SEO,1,Skincare,1,Smartphone,7,Software,1,Sosial,2,Sports,2,Suzuki,1,Tabungan,1,Teknologi,13,Tiket Kareta,1,Tiket Pesawat,3,Tips,59,Toko Online,1,Travel,1,Traveling,11,Wahana Bermain,1,Waterboom,1,Wisata,13,Wisata Bahari,1,Wisata Bali,1,Yamaha,1,
ltr
item
Daichikazumi.com: Manfaat Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam
Manfaat Mempelajari Sejarah Pendidikan Islam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizC3psasO5Si2tVUTTBYRi5uhpJtEZWVQhqAGeXcQ9wg3V72mpnZwLKOjrYq0uATbxKPWW-mouD1LUzfYN5Bd7DKYbe4TqSw1AIKFTjH27GqJb_ZAzaC93MDYVrEpRzTVDtTx7n_g6qf2O/s640/pendidikan-sejarah-islam.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizC3psasO5Si2tVUTTBYRi5uhpJtEZWVQhqAGeXcQ9wg3V72mpnZwLKOjrYq0uATbxKPWW-mouD1LUzfYN5Bd7DKYbe4TqSw1AIKFTjH27GqJb_ZAzaC93MDYVrEpRzTVDtTx7n_g6qf2O/s72-c/pendidikan-sejarah-islam.jpg
Daichikazumi.com
https://www.daichikazumi.com/2016/12/manfaat-mempelajari-sejarah-pendidikan.html
https://www.daichikazumi.com/
http://www.daichikazumi.com/
http://www.daichikazumi.com/2016/12/manfaat-mempelajari-sejarah-pendidikan.html
true
6959559938228820402
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy